Gelar Karya P5PPRA MTsN 2 Nganjuk Usung Tema Kearifan Lokal

Nganjuk (MTsN 2 Nganjuk) - Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin (P5PPRA) merupakan bagian dari inovasi dalam Kurikulum Merdeka. Projek ini bertujuan untuk mewujudkan karakter budaya dan nilai-nilai Pancasila melalui serangkaian aktivitas projek pembelajaran kepada siswa agar tidak terlepas dari nilai budaya, nilai agama, dan nilai luhur bangsa.

Guna mewujudkan hal tersebut, MTsN 2 Nganjuk menyelenggarakan kegiatan Gelar Karya P5PPRA dengan mengusung tema "Kearifan Lokal" sebagai projek ketiga untuk tahun pelajaran 2023/2024 dengan melibatkan seluruh siswa kelas VII dan VIII. Pada kesempatan ini, seluruh siswa mengenakan busana batik. Kegiatan ini berlangsung di halaman madrasah, Rabu (12/06/2024).

Kegiatan Gelar Karya P5PPRA diawali dengan apel yang dipimpin langsung oleh Kepala MTsN 2 Nganjuk, Moh. Masrukin, M.Pd. Dalam sambutannya, ia menyampaikan beberapa hal terkait Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin. "Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin merupakan profil pelajar yang memiliki pola pikir dan perilaku sesuai nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa, serta memiliki pengetahuan dan keterampilan, berfikir kritis, kreatif, inovatif, berakhlak mulia, juga pelajar yang mempunyai karakter dan kepribadian kuat, serta prinsip mandiri," ujarnya.

Setelah apel selesai, kegiatan Gelar Karya P5PPRA pun dimulai. Kegiatan diisi dengan pameran karya seni rupa 2D dan 3D serta bazar makanan dan minuman tradisional dari berbagai daerah. "Gelar karya ini bertujuan untuk melatih dan mengembangkan jiwa entrepreneur siswa MTsN 2 Nganjuk sebagai salah satu life skill atau kecakapan hidup yang dapat membentuk dan mendorong adanya mental dan kemandirian dalam berwirausaha," ungkap Masrukin.

Tema kearifan lokal yang diusung dalam kegiatan bertujuan agar para siswa memahami keragaman tradisi, budaya, dan kearifan lokal yang beragam sebagai kekayaan budaya bangsa. Diharapkan dengan diadakannya Gelar Karya P5PPRA ini, dapat membangun pengetahuan dan keterampilan para siswa dalam bidang kewirausahaan sehingga menjadi generasi yang mandiri, kreatif, dan inovatif. (RF)

























































    Blogger Comment
    Facebook Comment