Siswa Kelas VII dan VIII MTsN 2 Nganjuk Laksanakan UKBI

Nganjuk (MTsN 2 Nganjuk) - Siswa MTsN 2 Nganjuk hari ini, Kamis (13/06/2024), melaksanakan UKBI (Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia) yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi melalui Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur. Kali ini UKBI diikuti oleh kelas VII dengan jumlah 319 orang dan kelas VIII dengan jumlah 321 orang. Bagi kelas VII dan VIII ini merupakan pengalaman UKBI yang pertama.

Persiapan untuk pelaksanaan UKBI telah dimulai dari hampir satu bulan yang lalu, seperti pendataan, percobaan login, serta unggah foto dan kartu pelajar. Kegiatan UKBI pagi ini dimulai dengan upacara pembukaan oleh Bapak Kepala Madrasah Moh. Masrukin, M.Pd. Beliau menyampaikan bahwa UKBI adalah sarana uji untuk mengukur tingkat kemahiran seseorang dalam berbahasa Indonesia baik lisan maupun tulis. "Karena ini merupakan pengalaman pertama bagi kelas VII, maka harus teliti dalam membaca soal, apa lagi soal mendengarkan, harus fokus dalam mendengarkan soal cerita, juga harus pandai membagi waktu dalam memilih jawaban karena waktu terus berjalan tiap sesi," ungkapnya. Kegiatan upacara pembukaan ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Waka Humas Drs. Moh. Pandi. Setelah selesai, para siswa masuk ke kelas masing-masing untuk melaksanakan UKBI. Pelaksanaan UKBI di MTsN 2 Nganjuk dibagi dalam beberapa sesi. Sesi pertama kelas VII mulai mengerjakan pukul 08.00 WIB sampai 10.00 WIB. Sesi kedua kelas VIII dimulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB. Sesi ketiga untuk kelas VII-4 dimulai pukul 13.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB.

Pada tahun ini, seluruh siswa MTsN 2 Nganjuk telah melaksanakan UKBI. Pelaksanaan UKBI bagi kelas IX telah diselenggarakan di Bulan Mei lalu. Jika ditotal, maka seluruh siswa yang telah melaksanakan UKBI berjumlah 970 orang. Bapak Kepala Madrasah Moh. Masrukin, M.Pd. yang juga berjurusan Bahasa Indonesia pun mengucapkan selamat kepada para guru Bahasa Indonesia. "Selamat bagi guru Bahasa Indonesia MTsN 2 Nganjuk Ibu Nurul Kusnah, Ibu Sundariasih, Ibu Siti Munawaroh, Ibu Radiyem dan Ibu Auliatin Amin Fardia yang telah bersemangat mengantarkan siswa untuk mengikuti UKBI dengan nilai yang memuaskan. Semoga kegiatan ini memberi banyak manfaat bagi para siswa," ujarnya. (Nurul & Tim Jurnalistik)
















    Blogger Comment
    Facebook Comment