Ketahui fungsi Green House dan Sangkar Satwa

Green house dan sangkar di MTsN Tanjunganom, Nganjuk, bukanlah ‘hiasan’ sekolah semata, namun, pada dasarnya, memberikan wawasan kepada siswa akan pentingnya lingkungan. Mengapa? Perlu kita ketahui bahwa, sekarang ini, jumlah penduduk di Indonesia sangat padat, sehingga, banyak tempat tinggal, khususnya di daerah perkotaan, tidak memiliki lahan hidup. Padahal, lahan hidup ini bermanfaat sekali. Selain mempercantik halaman atau bahkan rumah, fungsi green house ini juga sebagai media ‘penghalau’ polusi. Dan bagi yang suka sayuran atau bunga, manfaatnya sangat jelas sekali, mempermudah kita yang hobi makan sayur jadi lebih mudah untuk menanam jenis sayur apa yang kita sukai, dan bunga cantik apa yang pantas menghias halaman atau rumah kita. Sementara itu, sangkar satwa, secara tidak langsung, siswa diberi wawasan tentang satwa yang dilindungi karena hampir punah. 

Seorang siswi MTsN Tanjunganom tengah mengamati satwa di sangkar satwa

Tentu seseorang yang hidup di tahun 1950 an akan merasa ‘kehilangan’ satwa-satwa langka seperti, burung gagak dan lain-lain. Tentu kita tidak ingin anak cucu kita tidak tau apa itu burung gereja, burung emprit karena mereka telah memasuki masa punah. Dan, mungkin saja, satwa tersebut akan menjadi sebuah hikayat anak cucu kita di masa depan. Kita tentu tidak ingin hal itu terjadi bukan?

Seorang siswi MTsN Tanjunganom yang tengah mengamati tumbuhan di green house


Disini, siswa dibekali pembelajaran mengolah dan mencintai lingkungan. Dengan lahan ‘seadanya’ di rumah mereka masing-masing, para siswa belajar untuk memaksimalkan lahan tersebut menjadi lahan yang bermanfaat dan elok dipandang mata, terutama, bagi mereka yang tinggal di kota dan minim akan lahan. Melalui media green house dan sangkar satwa ini, siswa juga ‘tertolong’ untuk mengamati makhluk hidup di pelajaran IPA misalnya. Dan MTsN Tanjunganom juga berkampanye untuk mencintai lingkungan. Lingkungan yang bersih adalah lingkungan yang sehat. Perlu kita ketahui, bahwa sehat itu dimulai dari saya. Yuk, perindah rumah kita dan mari selamatkan satwa-satwa Indonesia!. Visit us at mtsntanjungnaom.sch.id
    Blogger Comment
    Facebook Comment