MTsN 2 Nganjuk Gelar Psikotest untuk Minat Bakat Peserta Didik

 












Nganjuk, 22/7/2023. Salah satu proses atau tahapan dalam penerimaan peserta didik baru di MTsN 2 Nganjuk adalah psikotest. Psikotes ini dilaksanakan sebelum proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) semester 1 dimulai. Pelaksanaan psikotest ini, MTsN 2 Nganjuk, gandeng Lembaga Psikotest Citra Mandiri Surabaya yang sudah berpengalaman dalam tes psikologi, sehingga mendapatkan hasil yang akurat dan valid. Psikotest ini diberikan khusus untuk peserta didik baru. Sebelum psikotest dilakukan, terlebih dahulu madrasah mengumumkan kesiapan mengikuti psikotest kepada orang tua dari peserta didik baru

Irmana, salah satu penguji mengatakan, “Tujuan psikotest adalah untuk mengetahui kemampuan peserta didik, sehingga madrasah bisa mengarahkan peserta didiknya masuk ke kelas dan kelas program yang sesuai dengan potensinya”. Dengan diketahuinya potensi-potensi yang tersembunyi ini, diharapkan kepribadian atau kemampuan seseorang dapat disesuaikan dengan potensi-potensi yang dimiliki.

Materi Psikotest ini meliputi, kemampuan berhitung, kemampuan berpikir, dan imajinasi yang berkaitan dengan kreativitas. Terdapat 3 point utama dalam psikotest ini yaitu Auditory (memahami dengan cara mendengarkan), Visual (memahami dengan cara melihat) dan Kinestetik (memahami dengan cara gerakan) yang bisa digunakan untuk pengelompokan. Namun, di samping 3 point tersebut madrasah juga mempertimbangkan nilai IQ.

Abela, salah satu peserta tes mengatakan, psikotest ini cukup menantang. Sementara, Amira, peserta psikotest lain menambahkan, beberapa soal harus dikerjakan dengan konsentrasi. Harapannya setelah tes ini ia bisa mengetahui kemampuan berfikir secara maksimal yang relevan sesuai dengan minatnya. “Setelah hasil tes ini nanti saya akan tahu kemampuan berpikir, saya suka mengerjakan soal-soal simbolik tadi, saya minat di bidang seni”, ujar peserta psikotest kelas 7 ini.

Psikotest yang dilaksanakan satu hari ini memiliki tujuan selain mengukur kemampuan siswa dalam hal kecepatan menyerap materi pengetahuan. Output kegiatan ini diharapkan berupa rekomendasi yang baik untuk siswa ke depannya.

 

    Blogger Comment
    Facebook Comment