PERINGATAN HARI GURU NASIONAL MTsN 2 NGANJUK

 


(Nganjuk) - Hari ini, Sabtu, tanggal 25 November 2023, bertempat di lapangan MTs Negeri 2 Nganjuk, seluruh siswa dan GTK MTs Negeri 2 Nganjuk menyelengarakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional (HGN). Dalam acara peringatan HGN tersebut, baik siswa maupun guru mengikuti upacara dengan mengenakan Busana Nusantara. Bertema "Bergerak dengan Hati Pulihkan Pendidikan", kegiatan dilaksanakan sebagai bentuk penghormatan dan apresiasi terhadap peran guru dalam mengembangkan pendidikan demi membentuk generasi yang kompeten.

Dipimpin oleh Kepala Madrasah, Bapak Moh. Masrukin, M.Pd., kegiatan tersebut berlangsung dengan hikmat. Beliau menuturkan bahwa tidak ada istilah mantan guru. Semua wajib menjadi guru minimal kepada dirinya sendiri. Beliau juga menyampaikan terima kasih kepada Bapak/ Ibu Guru atas loyalitas, dedikasi, dan kesetiaan dalam membimbing 973 siswa MTs Negeri 2 Nganjuk yang semuanya memiliki karakter masing-masing.

Mewakili seluruh siswa, beliau pun meminta maaf kepada Bapak/ Ibu Guru atas sikap/ perbuatan yang tidak sesuai keinginan, akhlak, dan budi pekerti mulia dari para siswa.

Bapak Kepala Madrasah juga berpesan, agar Bapak/ Ibu Guru tetap menjadi pembelajar dan terus berproses untuk belajar karena konsep belajar adalah Minal Mahdi ila Lahdi.

Beliau menambahkan bahwa dalam kitab Ta'lim Muta'alim belajar itu harus/ wajib ada guru. Karena begitu pentingnya peran guru, beliau pun mengatakan bahwa semua profesi dan pekerjaan tidak ada jika tidak ada guru.

Nasehat kepada para siswa juga disampaikan oleh beliau, bahwa mereka harus mengingat dan tidak melupakan guru dengan cara: 1. Ketaatan, 2. Ketundukan, 3. Sikap dan Adab kepada Guru.

Terakhir, beliau mendoakan agar Bapak/ Ibu Guru selalu sehat, memiliki kekuatan fisik dan mental dalam membimbing siswa-siswi, serta menjadikan mereka para siswa yang berakhlakul karimah.


Selain melaksanakan upacara bendera, serangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam memperingati HGN meliputi pemotongan tumpeng, penampilan lagu Hymne Guru dan Terima Kasih Guruku, pembacaan puisi untuk guru, pemberian bunga kepada seluruh guru, drama musikal, ditutup dengan pelepasan burung merpati dan balon oleh Bapak Kepala Madrasah dan para guru. Selamat Hari Guru Nasional.

(RF)

    Blogger Comment
    Facebook Comment