Tingkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris, Kelas Program Bilingual MTsN 2 Nganjuk Adakan Cross Cultural Understanding

Nganjuk - Kelas Program Bilingual MTsN 2 Nganjuk bekerjasama dengan LKP ENDEMIC mengadakan kegiatan Cross Cultural Understanding (CCU) bertempat di De Karanganjar Koffieplantage, Blitar pada Selasa (19/12). Kegiatan ini diikuti seluruh siswa Kelas Program Bilingual mulai dari 7-2, 8-2, dan 9-2.

Menurut Pimpinan LKP ENDEMIC, Bapak Mukhlisin, M.Pd., CCU merupakan suatu program yang dirancang agar para siswa bisa lebih dekat dengan orang asing dan berani berbicara Bahasa Inggris. Kegiatan ini juga bertujuan agar para siswa lebih memahami perbedaan budaya dari berbagai negara. Ketua Tim Bilingual, Hj. Murofiah, S.Pd., mengatakan bahwa kegiatan CCU rencananya akan diadakan setiap tahun. "CCU akan diadakan setiap tahun, agar para siswa bisa praktik, meningkatkan kemampuan berbahasa terutama speaking dan lebih mengenal budaya asing dari bahasa yang mereka pelajari" ujarnya.

Setiba di lokasi, para siswa berkumpul sesuai kelompok masing-masing. Mereka kemudian diminta untuk melalui empat pos. Di setiap pos, sudah ada turis yang menunggu. Kepada masing-masing turis, setiap siswa menunjukkan kemampuan mereka dalam berbahasa Inggris, mulai dari menampilkan yel-yel, memperkenalkan diri, maupun melakukan tanya jawab menggunakan Bahasa Inggris. Setiap mereka berhasil melalui satu pos, turis akan memberikan tanda tangan.

Sesi kedua dari kegiatan CCU adalah presentasi budaya, baik budaya Indonesia yang ditampilkan para siswa, maupun budaya negara asing yang dipresentasikan oleh para turis. Turis-turis asing yang hadir dalam kegiatan tersebut adalah Jacob dan Camille dari Alaska, Allan Sage dari London, dan Alliya dari New Mexico. Setelah turis selesai presentasi mengenai budaya mereka, para siswa diminta untuk bertanya.

Di penghujung acara, para turis diberi cenderamata sebagai kenang-kenangan. Beberapa siswa dengan penampilan, yel-yel dan pertanyaan terbaik pun juga diberi hadiah. Setelah acara berakhir, para siswa meninggalkan lokasi sekitar pukul 5 sore.

(RF)


    Blogger Comment
    Facebook Comment