Kelas Tahfidz MTsN 2 Nganjuk Adakan Kegiatan Mondok di Bulan Yang Penuh Berkah

(Nganjuk) Siswa kelas program tahfidz pada bulan Ramadhan 1445 H melaksanakan kegiatan mondok di pondok Tahfidz. Kegiatan ini adalah salah satu program yang telah disepakati dengan wali murid. Seperti tahun kemarin mereka mondok di PPTQ Asy Syaikhoni yang beralamat di Desa Tanjungkalang Kecamatan Ngronggot - Nganjuk. Siswa yang mengikuti mondok berjumlah 33 anak. Kegiatan tersebut di mulai tanggal 27 Maret sampai 1 April 2024.

Bapak Moh. Masrukin, MPd selaku kepala MTsN 2 Nganjuk mengatakan bahwa, kegiatan mondok sangat banyak manfaatnya. Selain anak anak mempelajari ilmu agama baik ilmu Al Qur'an, Hadits, Tafsir, Fiqih, Akidah dan lain lain, mereka juga belajar hidup bertanggung jawab, mandiri dan disiplin. Anak anak juga akan hidup bersosial dengan banyak orang dan belajar hidup sederhana. 

Pada acara pembukaan kegiatan mondok, Gus Romli Al Hafidz selaku pengasuh pondok, berpesan kepada anak anak, selama mondok berkomunikasi dengan "boso" (berhasa Jawa kromo alus). Ini bertujuan agar semua orang saling menghormati satu sama lain, dan akhirnya nanti setelah pulang dari pondok bisa diterapkan baik di rumah maupun lingkungan sekitar mereka.

Dengan perkembangan zaman yang ditandai dengan kemajuan teknologi yang pesat ini, banyak orang tua khawatir terhadap anaknya akan terjerumus dalam kemaksiatan, pergaulan bebas dan lain lain. Sekarang ini banyak anak yang tidak bisa terlepas dari handphone (HP), jika mereka tidak bisa memanfaatkan dengan baik dan tidak ada pengawasan dari orang tua bisa jadi mereka akan berbuat negatif. Selama di pondok anak anak di larang membawa HP dengan tujuan agar mereka fokus terhadap kegiatan pondok. 

Wali murid sangat antusias adanya kegiatan mondok ini. Mereka bisa tenang karena anaknya terpantau terus dalam menjalankan ibadah. Seperti bisa melaksanakan sholat 5 waktu secara berjamaah, dan tidak bermain HP. Adapun kegiatan di pondok diantaranya sholat tahajud, setoran hafalan, Tahsin, Tadarus, dan mengaji kitab kuning. (Iwan DS)




















    Blogger Comment
    Facebook Comment