Jalin Silaturahmi, MTsN 2 Nganjuk Gelar Acara Halal Bi Halal

(Nganjuk) Usai perayaan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1445 H yang jatuh pada tanggal 10 April 2024, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Nganjuk menggelar acara Halal bi Halal pada 18 April 2024, bertepatan dengan hari pertama masuk sekolah setelah libur lebaran.

Acara tersebut dimulai pukul 08.00 hingga 09.00 WIB bertempat di halaman Gedung SBSN. Acara yang diikuti oleh seluruh GTK Madrasah dan siswa mulai dari Kelas 7 sampai Kelas 9 berlangsung dengan khidmat. Salah satu tujuan dari digelarnya acara Halal bi Halal ialah sebagai upaya dalam mempererat silaturahmi antar keluarga besar MTsN 2 Nganjuk.

Kepala Madrasah Moh. Masrukin, M.Pd. dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada seluruh siswa maupun GTK Madrasah yang telah hadir dalam acara Halal bi Halal. Beliau berpesan tentang betapa pentingnya menjalin silaturahmi dan kerukunan antar umat Islam, terlebih pada momen Idul Fitri di Bulan Syawal yang penuh dengan keberkahan.

"Bulan Syawal merupakan bulan yang penuh berkah dan ampunan, oleh karena itu kita disunnahkan untuk berinfak dan bersedekah. Wa sâri‘û ilâ maghfiratim mir rabbikum wa jannatin ‘ardluhas-samâwâtu wal-ardlu u‘iddat lil-muttaqîn. Alladzîna yunfiqûna fis-sarrâ'i wadl-dlarrâ'i wal-kâdhimînal-ghaidha wal-‘âfîna ‘anin-nâs, wallâhu yuḫibbul-muḫsinîn.

Dalam ayat pertama Allah memerintahkan agar umat muslim bersegera meminta ampun kepada-Nya bila berbuat dosa dan maksiat, karena manusia tidak luput dari kesalahan dan kekhilafan. Ayat kedua menjelaskan sifat-sifat orang yang bertakwa, yaitu orang yang selalu bersedekah dan memberi pertolongan kepada orang lain. Kemudian, orang yang menahan amarahnya. Ketiga, orang yang memaafkan kesalahan orang lain, membersihkan hati dari sifat dendam. Keempat, orang yang berbuat baik. Selain memaafkan kesalahan orang lain, kita hendaknya tetap berbuat baik kepada orang yang melakukan kesalahan karena itu merupakan sifat orang yang bertakwa" ujarnya.

Terakhir, beliau menegaskan bahwa selain diberi nilai pahala yang besar, orang yang bersilaturahmi juga akan dilapangkan rezeki dan dipanjangkan umurnya. Acara dilanjutkan dengan doa yang dipimpin oleh Bapak Iwan Dwi Setiawan, M.Pd. dan diakhiri dengan mushofahah atau berjabat tangan guna mengukuhkan kasih sayang dan tali persaudaraan.

Dengan adanya acara Halal bi Halal ini, diharapkan dapat mempererat hubungan persaudaraan, menjaga kebersamaan, dan kerukunan antar sesama Muslim. (RF)
















    Blogger Comment
    Facebook Comment