Peringati Hari Kebangkitan Nasional, MTsN 2 Nganjuk Gelar Apel

Nganjuk (MTsN 2 Nganjuk) - Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang ke-116, MTsN 2 Nganjuk menggelar apel pada Senin pagi (20/05/24). Apel berlangsung di halaman Gedung SBSN mulai pukul 07.00 WIB. Diikuti oleh seluruh siswa Kelas 7 dan 8, serta GTK madrasah, pelaksanaan apel berlangsung dengan khidmat.

Bertindak sebagai pembina apel, Kepala Madrasah Moh. Masrukin, M.Pd., menyampaikan beberapa hal terkait peringatan Harkitnas. "Tujuan memperingati Harkitnas diantaranya untuk mengingat sejarah perjuangan bangsa, mengingat jasa para pahlawan, belajar mengambil hikmah dan menekuni keteladanan para pahlawan, serta berusaha melanjutkan perjuangan para pahlawan" ungkapnya. Ia kemudian menerangkan secara singkat tentang pahlawan nasional yang berasal dari Kabupaten Nganjuk. "Kita harus bangga sebagai warga Kabupaten Nganjuk, karena salah satu pahlawan nasional yang memiliki peran penting dalam memperjuangkan kemerdekaan NKRI berasal dari Kabupaten Nganjuk, yaitu Dr. Soetomo. Beliau lahir di Desa Ngepeh, Kecamatan Loceret. Beliau merupakan tokoh pendiri Budi Utomo, organisasi pergerakan pertama di Indonesia. Untuk mengingat perjuangannya, di Desa Ngepeh, Loceret pun dibangun Monumen Dr. Soetomo" terangnya.

Diakhir amanatnya, ia mengutarakan tiga makna memperingati Harkitnas bagi para siswa. Yang pertama, harus bangkit dari kebodohan, keterbelakangan, dan memupuk semangat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Kedua, harus memiliki perubahan, seperti perubahan dalam nilai hasil belajar, ibadah, dan kebiasaan menjadi lebih baik. Ketiga, dengan memaknai kebangkitan berarti tidak mengeluh ketika menjadi apapun. "Kalian harus menjadi generasi yang kuat, jangan menjadi generasi yang lemah. Terakhir, pesan saya, dengan semangat kebangkitan nasional, saya ingin kalian berubah. Tidak ada lagi siswa terlambat, tetap di kelas saat jam pelajaran, dan cepat berkumpul ketika ada instruksi untuk berkumpul di lapangan seperti saat akan melaksanakan apel" tegas Kamad Moh. Masrukin. (RF)

















    Blogger Comment
    Facebook Comment